PT. Perusahaan Gas Negara Tbk adalah Subholding gas bagian dari
Pertamina Grup yang diberikan kepercayaan untuk mengembangkan infrastruktur gas
bumi dan meningkatkan pemanfaatan gas bumi. PGN terus tumbuh dan mengembangkan
berbagai infrastruktur yang dapat menunjang kebutuhan energi berbagai sektor.
Seperti yang ada di Area Sidoarjo - Mojokerto, PGN merambah berbagai sektor
mulai industri sampai masuk ke dapur-dapur pelanggan Rumah Tangga dan Pelanggan
Kecil. Sampai saat ini tercatat sebanyak 6631 pelanggan Rumah Tangga dan
Pelanggan Kecil yang telah merasakan kebaikan energi baik PGN.
Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, beragam cara dilakukan PGN
agar setiap pelanggan dapat merasakan kenyamanan menggunakan gas bumi PGN.
Melalui GasKita, yang merupakan produk gas bumi PGN untuk pelanggan Rumah
Tangga dan Pelanggan kecil yang dialirkan melalui jaringan pipa gas, PGN terus
berupaya agar setiap dapur rumah tangga dapat merasakan kehangatan gas bumi.
PGN melalui anak usahanya, PT. PGAS Solution turut serta berkomitmen menjaga
kehandalan dalam penyaluran energi baik. Salah satu upaya dari PGAS Solution
dalam penyediaan layanan terhadap pelanggan dengan dilakukannya pencatatan
meter gas yang dilakukan setiap bulannya.
Kegiatan catat meter gas Rumah Tangga yang dilakukan personil PGAS
Solution dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan tiap bulannya agar tidak
terjadi lonjakan pemakaian yang drastis dari tiap pelanggan. Tetapi, dengan
merebaknya wabah CoVid-19 belakangan ini ada beberapa penyesuain dan kebijakan
yang dikeluarkan PGN dalam mejaga tingkatan mutu serta kualitas layanan
pelanggan selama masa status darurat CoVid-19. PGN meniadakan pelaksanaan catat
angka stand meter oleh para petugas yang berlangsung selama April-Mei 2020.
Dengan tidak adanya pencatatan meter manual, PGN memutuskan untuk melakukan
Catat Meter Mandiri bagi tiap pelanggan Rumah Tangga dan pelanggan Kecil dengan
mengirimkan foto ke nomer whatsapp yang telah ditentukan atau mengunduh
aplikasi Catat Meter Mandiri di PlayStore.
Memasuki bulan Juni 2020 PGN melalui PGAS Solution melakukan
pencatatan meter secara langsung oleh petugas ke tiap rumah pelanggan Rumah
Tangga dan Pelanggan Kecil. Petugas kembali berkunjung ke rumah satu per satu
demi keakuratan dan kesesuaian pemanfaatan energi baik oleh tiap pelanggan.
Pembacaan meter gas bumi dilakukan dengan tetap memperhatikan Pedoman
Pencegahan Pengendalian CoVid-19 dengan menggunakan standar APD (Alat Pelindung
Diri). Selain itu, PGAS Solution juga memastikan kondisi petugas tetap sehat
dalam menjalankan aktifitas catat meter.

Walaupun petugas sudah kembali melakukan
pengecekan angka stand meter secara langsung, PGN juga menghimbau pelanggan
untuk memanfaatkan layanan online dalam melakukan catat meter mandiri melalui
nomor whatsapp atau aplikasi di PlayStore. Tidak hanya pencatatan, pelanggan
PGN juga dapat melakukan pembayaran tagihan gas bumi PGN secara online melalui
ATM, Internet Banking, SMS Banking, Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) seperti
Link Aja, Gopay, dan sebagainya ataupun melalui aplikasi E-Commerce seperti
Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya. Selain itu, pelanggan PGN juga dapat
memaksimalkan pelayanan PGN melalui Contact Center PGN 1500645, baik untuk
layanan informasi tagihan, sambung baru, pemasangan kembali, perubahan
instalasi maupun pengaduan keluhan pelanggan.