Komitmen untuk Transparansi

Kami berkomitmen pada gagasan transparansi radikal. Ini berarti kita terbuka, benar dan langsung dengan informasi tentang organisasi, prosedur, dan hasil kami

Tata Kelola Perusahaan

Penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) di PGAS Solution dirintis tahun 2013, ditandai dengan penyusunan pedoman GCG. Pada tahun 2018 pedoman tersebut telah mengalami perubahan dan disahkan dalam bentuk peraturan perusahaan yang tercantum pada Pedoman Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) PT PGAS Solution Nomor: P-001/100.08 tanggal 08 Agustus 2018.

Melengkapi peraturan terkait GCG, Pedoman Kode Etik Perusahaan (code of conduct) yang disusun tahun 2016 juga telah mengalami perubahan dan disahkan menjadi Pedoman Etika Usaha dan Etika Kerja Nomor: P-002/100.08 tanggal 08 Agustus 2018.

Pada tanggal 12 Februari 2018, Komite Budaya Perusahaan dibentuk sebagai wujud komitmen PGAS Solution dalam membenahi sistem tata kelolanya.

Di tahun 2019 penilaian penerapan GCG dilakukan PGAS Solution melalui self assessment softstructure GCG AP/Afiliasi yang dilakukan oleh PGN sebagai pembina/holding.

Penilaian tersebut menguji ketersediaan kebijakan GCG (soft structure GCG) AP/ Afiliasi. Dengan penilaian ini, diharapkan penerapan GCG di tahuntahun mendatang dapat lebih disempurnakan.


PRINSIP-PRINSIP GCG


Konsep GCG diterapakan dan dipahami PGAS Solution sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Setiap bagian dari rantai kerja PGAS Solution bertanggung jawab terhadap penerapan GCG. Prinsip-prinsip GCG secara umum sebagai berikut:

  • Transparansi
  • Akuntablitas
  • Tanggung Jawab
  • Kemandirian
  • Kesetaraan dan Kewajaran

Prinsip-prinsip tersebut diadaptasi oleh PGAS Solution menjadi:


Transparansi Tugas dan Laporan Keuangan


Keterbukaan informasi sebagai bagian dari Transparansi diwujudkan dalam kejelasan rincian tugas dan tanggung jawab dari seluruh Insan PGAS Solution, yang ditetapkan selaras dengan visi, misi dan nilai-nilai, dan tujuan PGAS Solution. Informasi materiil dapat diberikan PGAS Solution apabila diperlukan dalam laporan tahunan dan laporan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara gamblang, jelas, dan obyektif.


Akuntabilitas Melalui Sistem Pengendalian Internal


Sistem pengendalian internal dalam PGAS Solution adalah proses pengendalian terhadap kegiatan PGAS Solution. Proses pengendalian tersebut berlaku untuk setiap unit dalam PGAS Solution. Sistem pengendalian internal antara lain berlaku mengenai kewenangan, otorisasi, verifikasi, rekonsiliasi, penilaian atas prestasi kerja, pembagian tugas, dan keamanan terhadap aset perusahaan.


Responsibilitas dalam Etika Usaha dan Etika Kerja


Setiap Insan PGAS Solution wajib berupaya mematuhi prinsip-prinsip di dalam etika usaha dan etika kerja atau pedoman perilaku perusahaan (code of conduct) yang merupakan norma-norma dan nilai-nilai yang dijadikan standar perilaku bagi setiap karyawan PGAS Solution.

Norma-norma dan nilai-nilai tersebut dapat membantu mempertahankan nama baik PGAS Solution di mata publik. Untuk itu kode etik perusahaan waijb diterapkan dalam setiap aktivitas PGAS Solution secara konsisten. Dalam menyusun code of conduct, PGAS Solution telah menyelaraskan dengan visi, misi, dan budaya perusahaan, agar dapat mendukung sinergi antara aktivitas PGAS Solution, anggaran PGAS Solution, dan ketentuan yang berlaku. Kepatuhan terhadap code of conduct, akan membentuk budaya dan integrasi usaha yang baik dengan seluruh relasi PGAS Solution.

Pedoman perilaku perusahaan diatur dalam dokumen tersendiri, bersifat terbuka, dan memiliki fleksibilitas untuk dapat disempurnakan sesuai dengan perubahan dan relevansi zaman. Direksi dapat melakukan evaluasi dari code of conduct melalui tim yang telah ditentukan sendiri oleh Direksi.


Pencegahan Benturan Kepentingan Demi Independensi


Benturan kepentingan merupakan situasi dimana seseorang atau perusahaan memiliki kemampuan untuk melakukan eksploitasi atas sebuah kepentingan tertentu dikarenakan kedudukan atau wewenang dari seseorang atau perusahaan. Dalam hubungannya dengan aktivitas usaha PGAS Solution, benturan kepentingan merupakan konflik antara kepentingan perseorangan dengan kewajiban umum atau kewajiban profesional.

Terkait benturan kepentingan, anggota Dewan Komisaris, Direksi, dan seluruh Insan PGAS Solution tidak diperbolehkan untuk melakukan segala tindakan yang memiliki benturan kepentingan dengan PGAS Solution antara lain:

  • Memperoleh dan/atau menerima gratifikasi.
  • Mengambil keuntungan pribadi.
  • Melaksanakan pekerjaan rangkap pada pihak ketiga yang memiliki ikatan finansial dengan PGAS Solution, dan dapat merugikan PGAS Solution secara materiil.

Dasar Kebijakan


  • Undang Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
  • Anggaran Dasar dimuat dalam Akta No. 2 Tanggal 6 Agustus 2013 yang telah mendapat pengesahan melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0054821. AH.01.09 tanggal 24 Agustus 2009 tentang Pengesahan Badan Hukum Perseroan.
  • Keputusan Direksi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk., No. 00691.K/OT.01/UT/2012 tentang Pedoman Tata Kelola Perusahaan yang Baik.

Menjunjung Integritas Sebagai Upaya Fairness


Wujud perusahaan bermutu yang memancarakan semangat kejujuran atau Integritas dibutuhkan dalam menjaga hubungan baik antara PGAS Solution dengan Pemegang Saham dan para pemangku kepentingan. Dengan menjaga lingkungan kerja yang profesional, jujur, terbuka, peduli, dan responsif terhadap perubahan yang terjadi, akan menciptakan sinergi hubungan antara PGAS Solution, para Pemegang Saham, dan para pemangku kepentingan. Untuk menjaga integritas dalam pengurusan PGAS Solution dibutuhkan tindakan yang tepat dalam menjalankan, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan usaha PGAS Solution. Permasalahan yang ada terkait dengan kegiatan usaha PGAS Solution diselesaikan secara bijak dengan integritas tinggi.


TUJUAN PENERAPAN GCG


Prinsip-prinsip GCG diterapkan sebagai acuan PGAS Solution dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Penerapan GCG diharapkan dapat mengawal bisnis PGAS Solution berjalan sesuai dengan visi dan misinya. Adapun tujuan penerapan GCG adalah:

  • Tercapainya kesinambungan usaha PGAS Solution melalui pengelolaan yang didasarkan pada asas transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian, dan kewajaran.
  • Mendorong Organ PGAS Solution dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakannya dilandasi oleh nilai moral yang tinggi dengan memperhatikan Anggaran Dasar dan ketentuan yang berlaku.
  • Mengupayakan pengelolaan PGAS Solution lebih profesional, transparan, efisien, serta memberdayakan fungsi struktur kerja PGAS Solution.
  • Meningkatkan citra PGAS Solution bagi tercapainya daya saing secara nasional dalam rangka meningkatkan kepercayaan pasar untuk mendorong arus investasi dan pertumbuhan ekonomi nasional yang berkesinambungan.
  • Mendorong timbulnya kesadaran dan tanggung jawab sosial PGAS Solution terhadap masyarakat dan kelestarian lingkungan terutama di sekitar lokasi usaha PGAS Solution


GCG ROADMAP


2016 - Sosialisasi GCG yang sesuai dengan struktur board manual

2017 - Penerapan GCG di seluruh wilayah operasi PGAS Solution

2018 - Penilaian GCG dari pihak internal maupun independen

2019 - Penilaian Self Assesment Soft Structure CGC dari PGN (Holding) sebagai pembina


Shareholder

PT PGAS Solution dimiliki secara penuh oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero), tbk.


Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

PGN Solution juga berkontribusi aktif bagi masyarakat dengan program CSR atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Program CSR dijalankan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, masyarakat, sekaligus upaya berbagi kebahagiaan atas pencapaian PGN Solution.

CSR Ketenagakerjaan

Pelayanan kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja bagi para pekerja di PGAS Solution adalah perwujudan dari CSR terkait ketenagakerjaan.

CSR Lingkungan

Bersama dengan PT PGN, Program Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Bidang Lingkungan (PROPER) berhasil meraih peringkat biru dengan penerapan di stasiun-stasiun yang dimiliki PGN.

CSR Kemasyarakatan

PGAS Solution turut berkontribusi dalam program BUMN Mengajar dari Kementerian BUMN, juga program Tali Kasih, SOTR, hingga berbagai bantuan dana untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

CSR Pelanggan

Untuk pelanggan, PGAS Solution mengoptimalkan CSR lewat Service Enhancemet (Peningkatan Pelayanan). Lewat survei rutin, PGAS Solution berupaya memahami kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan.


CSR Terbaru

CSR NOT FOUND


Pakta Komitmen K3PL

Sebagai Perusahaan yang bergerak di bidang Rekayasa Keteknikan dengan konsentrasi di 3 (tiga) bidang usaha meliputi, Engineering Procurement and Construction dan Supply Chain.

PT PGAS Solution berkomitmen untuk mengedepankan Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Pengamanan dalam setiap aktivitas bisnisnya untuk meminimalkan risiko dengan cara mencegah terjadinya kecelakaan, penyakit akibat kerja, pencemaran lingkungan, gangguan keamanan serta dampak lain yang dapat mengganggu kelancaran aktivitas bisnis Perusahaan.


Untuk memenuhi hal tersebut, seluruh pekerja di lingkungan PT PGAS Solution melalui Manajemen Perusahaan berkomitmen:


  1. Menerapkan dan terlibat langsung dalam menjalankan Sistem Manajemen, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Pengamanan;
  2. Melaksanakan seluruh aktivitas bisnis secara profesional, efektif, efisien dan inovatif dengan mengidentifikasi risiko terkait aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Pengamanan sebagai upaya pengendalian;
  3. Mematuhi peraturan perundangan yang berlaku serta tepat menggunakan teknologi sesuai standar nasional dan internasional;
  4. Mendorong terciptanya budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Pengelolaan Lingkungan dan Pengamanan melalui peran serta aktif dari seluruh pekerja di Lingkungan Perusahaan;
  5. Menjadikan pencapaian target Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Pengamanan sebagai elemen penting ukuran pencapaian kinerja dan faktor penting peningkatan daya saing perusahaan;
  6. Meningkatkan kesadaran dan kompetensi pekerja serta mitra kerja agar dapat melaksanakan pekerjaan secara benar, aman dan berwawasan lingkungan;
  7. Menciptakan dan memelihara lingkungan kerja yang sehat, selamat, aman dan ramah lingkungan melalui tindakan preventif dan proaktif.

KONTAK

Hubungi kami untuk keperluan Anda

Kami selalu terbuka untuk kerja sama, hubungi kami dan pelajari lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat membantu bisnis Anda.

PT. PGN SOLUTION
Komplek Perkantoran PGN Gedung C
Jl K.H. Zainul Arifin No. 20 Jakarta Barat, 11140 Indonesia


p. +6221 6386 7037
f. +6221 6385 4506
e. info@pgn-solution.co.id

Member of

Subdislary of